Kawah Biru Tinggi Raja

Melihat Keindahan Kawah Biru di Tengah-Tengah Belantara Simalungun

Posted on

“Keajaiban”, itulah ungkapan destinasi pariwisata Kawah Biru Tinggi Raja yang ada di Simalungun, Sumatera Utara. Terletak di tengah hutan belantara, didalam Cagar Alam Dolok Tinggi Raja, kalian akan menemui kawah belerang yang warnanya biru dan dilingkupi oleh undakan bukit belerang. Wilayah Kawah Biru Tinggi Raja yang memesona itu dikunjungi tidak sedikit traveler yang ingin tahu lihat kawah yang punya warna biru yang mentereng, bak lihat langit, dengan air tidak bernoda setitik pun. Tetapi selain itu, kawah punya keistimewaan tersendiri: dengan ajaibnya, kawah biru itu berpindah-pindah sendiri.

Tanah yang mulanya datar dan menguasai pohon rimbun, tiba-tiba kering dan menjadikan lubang sebesar kolam yang lumayan dalam dengan sendirinya. Berdasarkan penuturan Pernando, satu diantara pemandu wisata di wilayah tersebut, kawah yang pun sering dijuluki Kawah Putih Tinggi Raja tersebut memang berpindah-pindah beberapa tahun satu kali.

“Dulu kawahnya berada di sini (sebelah kawah biru sekarang berada). Tiap beberapa tahun dia berpindah-pindah, namun masih sekitar kawasan hutan 167 ha ini,” kata Pernando. 1 hal unik lagi yang bisa kalian lihat, kawah biru itu juga punya Bukit Kapur yang pun biasa disebut sebagian orang Salju Panas. Bukit Kapur mengairi air panas dari sumber belerang yang ada diatas bukit itu. Lantaran penasaran dengan beragam “keajaiban” di Kawah Biru Tinggi Raja, para turis asing pun sering pergi ke area kawah yang ada di tengah-tengah hutan ini. Menjelang mencapai objek pariwisata Kawah Biru, kalian musti menyusuri hutan yang ditumbuhi pohon-pohon pandan besar dan beraneka flora lainnya, dengan menapaki hingga ratusan anak tangga.

Untuk tiba ke tempat ini ada sekian banyak rute yang bisa dilewati di antaranya yakni, Medan – Lubuk Pakam -Galang – Dolok Masihul- Nagori Dolok – Dolok Tinggi Raja dan Medan – Lubuk Pakam – Tebing Tinggi – Dolok Merawan – Dolok Tinggi Raja, lalu rute lainnya Medan – Lubuk Pakam – Galang – Bangun Purba – Dolok Tinggi Raja. Tiap-tiap rute punya waktu tempuh yang nyaris sama yakni 4-5 jam perjalanan dengan naik kendaraan sepeda motor. Khusus tuk jarak Dolok Tinggi Raja sampai lokasi wisata, meskipun hanya berjarak 10 km, kalian bisa buang-buang waktu 2 jam tuk tiba di lokasi. Pasalnya, jalan disana berupa batu-batuan besar dan berlubang. Sebab tempatnya terpencil dan jauh dari hiruk pikuk kota, di sana pun tak ada penginapan. Bila berwisata ke sana, sebaiknya kalian bawa bekal makan sendiri, lantaran belum ada para penjual makanan di sekeliling kawah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *